Pages

Senin, 09 November 2015

Selamat Hari Pahlawan

Pagi ini, hari selasa 10 November 2015. tepat di meja kerja saya 7.25 WITA. Saya ingin mengucapkan selamat hari pahlawan. Saat ini pahlawan tidak lagi memegang bambu runcing namun sudah berjuang dengan caranya sendiri-sendiri. Ayah berjuang untuk kesejahteraan keluarganya, ibu berjuang untuk kebaikan keluarganya, anak berjuang untuk masa depan keluarganya, dan sebagainya. Bahkan kalau kita seorang mahasiswa sekalipun kita akan berjuang untuk bisa lulus tepat waktu, dan perjuangan ini perlu waktu, biaya dan hal hal lain yang tidak sedikit, serta perlu mental tahan baja untuk menghadapi segala ujian yang dipersiapkan selama kita kuliah.

Saya pribadi adalah seorang mahasiswi sekaligus pengajar. Rasanya menyenangkan melihat mahasiswa bimbingan bisa lulus skripsi. Apalagi kalau lulusnya tepat waktu. Untuk bisa lulus tepat waktu juga perlu doa, usaha, dan komitmen yang kuat untuk mencapainya, hal ini sungguh suatu perjuangan, tidak boleh berhenti apapun yang terjadi, semua harus diusahakan agar cita-cita perjuangan itu dapat tercapai dengan sempurna.

Sebagai pengajar saya tidak pernah mengharapkan banyak, sungguh dari mahasiswa saya terkait prestasinya. Asalkan dia bisa berkomitmen tentang apa yang ingin dicapainya, itu sudah suatu hal yang membanggakan. Saya selalu bertanya kepada mahasiswa saya kapan Anda ingin lulus? kapan rencana wisuda, bukan bermaksud untuk mendesaknya, tapi lebih kearah mengingatkan kembali bahwa mereka harus punya target/planning dalam kuliah.

Bahwasanya ketika mahasiswa itu lulus (bahkan tepat waktu) ia juga seorang pejuang yang membanggakan kedua orang tuanya, keluarganya, dosennya, almameternya, dan kebanggaan itu akan tertanam dalam dirinya berwujud sebuah tanggung jawab yang akan melekat dalam dirinya seumur hidupnya agar ilmu pengetahuan yang dipunya bermanfaat bagi kemaslahatan orang banyak.

dan ketika masa wisuda itu datang saya dapat tersenyum dengan bahagia karena saya tahu hari itu doa-doa saya untuk mahasiswa saya terjawab dengan tuntas, janji itu, usaha itu, dan segala tekad didalamnya telah terbayar dengan lunas, dan saya berbahagia melihat mereka berdiri dengan toganya masing-masing mengucap sumpah janji untuk almameternya, dan saya bahagia karena semua yang telah saya usahakan berakhir dengan happy ending. Meskipun saya tahu tugas saya belum selesai...sama sekali belum selesai karena masih akan ada banyak lagi mahasiswa-mahasiswa yang penuh minat dan keingintahuan untuk menyandang gelar sarjana sesegera mungkin, dan mereka harus tahu saya mendukung mereka dengan sepenuh hati melalui doa-doa tak terucap dan usaha yang terus menerus....

Selamat Hari pahlawan 10 November 2015 untuk semuanya, para pahlawan!


0 komentar:

Posting Komentar