Pages

Minggu, 01 Juni 2014

Bertanya (yang) Berkualitas

Sekarang ini selain musim hujan....sedang musim banyak pertanyaan....Ada banyak hal yang memang bisa ditanyakan apakah itu memang karena belum tahu jawabannya atau sekedar menguji.

Saya termasuk dosen yang senang sekali apabila ada mahasiswa/i yang bertanya tentang mata kuliah (tentu saja) selain bisa menambah pengetahuan, juga bisa berbagi ide, pengalaman dan sebagainya. Oleh karena itu, di kelas, persentase keaktifan besar bobotnya.

Pada dasarnya mahasiswa harus sering diberi kesempatan untuk bertanya dan berpendapat, apa saja, harus berani, tidak boleh takut salah atau malu ditertawakan, karena yang tertawa belum tentu seberani yang bertanya. Kalau di luar kelas suaranya nyaring, begitu di dalam kelas disuruh bertanya, nyali nya ciut semua, saat ini rasa malu dan takut itu tidak berlaku, sudah terlalu mainstream. Selama pertanyaan dan pendapat disampaikan dengan bahasa yang sopan, baik dan jelas, para dosen pasti sangat "welcome" (apalagi saya).
Nah, menurut saya, cara-cara bertanya yang berkualitas itu adalah :
  1. Pertanyaan yang berkualitas tentu tentang mata kuliah yang sedang dipelajari atau yang belum diketahui, 
  2. Acungkan tangan (jangan melambai tangan) bila ingin bertanya, 
  3. Tunggu dosennya selesai menerangkan atau ada jeda saat menjelaskan, jangan main potong pada saat dosen berbicara.
  4. Bersikap "low profile" , jangan terkesan memaksakan pertanyaan
  5. Apabila jawaban yang diberikan dosen belum jelas, bertanya lagi dengan sopan
  6. Kalau pertanyaan sudah dijawab, ucapkan terimakasih 
  7. (silakan tambahkan sendiri...)
Saya pribadi seringkali menerapkan hal-hal di atas kalau bertanya kepada dosen (berhubung saya juga mahasiswi) maklum, saya orangnya memang suka sekali bertanya, dan respon dari dosennya baik-baik semua.

Sekarang dosen dan mahasiswa bisa saling respect satu sama lain, dosen juga manusia bisa benar bisa salah demikian pun dengan mahasiswa. Dosen tidak boleh under estimate terhadap mahasiswa nya atau merasa tersaingi kalau mahasiswa nya bisa dalam mata kuliah yang ia ajar karena itu tandanya ada "interest" alias ketertarikan mahasiswa kepada mata kuliah yang diajarkan dan itu tentu menguntungkan dosen karena ada tempat berbagi ide, apalagi dunia IT terus berkembang setiap detiknya.

Bagian yang membuat saya senang mengajar di suatu kelas adalah apabila ada interaksi antara saya dan mereka (student centered learning) rasanya waktu berjam-jam di kelas tidak terasa, komunikasi pembelajaran yang dibangun terasa menyenangkan.

Saya juga termasuk dosen yang transparan soal nilai, kalau bisa ya di nilai bisa kalau tidak ya belajar lagi begitu saja, dan biasanya angka angka itu bukan patokan pasti kemampuan karena itu hanya alat ukur di mata kuliah saja meskipun saya sudah berusaha agar benar-benar objektif dalam memberikan penilaian. Jadi, silakan pantau terus web ini karena saya akan mulai mem "posting" nya, tapi soal waktu bersabar ya karena saya juga sedang sibuk sekali :) walaupun demikian kalian tetap prioritas saya jadi, sesibuk apapun saya pasti ingat kalian, mahasiswa saya yts dan juga karena saya adalah dosen yang senang mengajar.

0 komentar:

Posting Komentar